Senin, 29 Juni 2009

Pepaya Obat Sembelit Alami




Mengolah pepaya sebagai obat sembelit

Sembelit atau juga dikenal dengan nama konstipasi adalah suatu keadaan di mana kita susah buang air besar. Hal yang sering memicu sembelit bila kita kurang mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, bisa juga karena sering duduk karena kesibukan kerja, serta tekanan emosi, stres, kehamilan.

Frekuensi buang air besar pada masing-masing orang berbeda-beda dari yang sehari tiga kali sampai yang tiga kali seminggu. normal untuk seseorang bukan berarti normal untuk yang lain. Secara umum jika kita buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, itu sembelit. Apalagi kalau susah buang air besar itu diiringi dengan perut bawah terasa tegang kembung, kram di bagian perut serta nyeri,mungkin ditambah kurang nya olahraga yang cukup, kurang nya konsumsi makanan berserat tinggi, dan asu-pan cairan terutama mengonsumsi air putih.

Pencernaan kita memproses makanan melalui usus, yang berkontraksi secara teratur mendorong sisa makanan. Dalam usus besar, kebanyakan dari air dan campuran garam diserap kembali. Jika terlalu banyak air diserap, atau pergerakan sisa makanan berpindah sangat pelan akan menyebabkan tinja jadi keras dan susah dibuang.
Berbagai jenis pengobatan, terutama yang digunakan untuk mengatasi penyakit Parkinson, tekanan darah tinggi, kelainan jantung dan depresi dapat menyebabkan konstipasi. Demikian juga jenis obat yang mengandung narkotik. Dan jangan salah, obat pencuci perut pun bisa menyebabkan konstipasi!

Untuk kasus tertentu, konstipasi merupakan isyarat adanya kondisi medis serius yang harus dicermati, seperti kanker usus, gejala lever(hati), gangguan hormon al, penyakit jantung dan gagal ginjal.

Salah satu obat tradisional yang sangat membantu mengurangi sembelit adalah dengan menggunakan buah pepaya, Cuma banyak orang yang tidak tahu mengolah pepaya yang tepat sebagai obat sembelit, karena ada orang pada kondisi penyakit tertentu yang sudah makan pepaya tetapi tetap saja susah buang air besarnya, bagi mereka yang demikian mungkin pengolahan nya yang belum tepat, cobalah dengan mengolahnya dengan cara berikut ini (cara sudah saya buktikan):
Ambil sepotong buah pepaya matang ditambahkan garam sedikit, kemudian di jus dengan air secukupnya. minum 2 kali sehari atau sekali sehari jika sudah membaik"


Jika ingin sembelit tidak datang lagi konsumsi sayur dan buah tetap lah di jaga hindari makanan berlemak, banyak berolah raga setidaknya banyak bergerak dan tidak duduk saja di belakang meja kerja, minum minimal 8 gelas sehari Jauhi stres dan pola hidup sehat tetap di jaga.

Artikel yang terkait



1 komentar:

Obat Sehat mengatakan...

Setuju, obat sembelit terbaik yang natural, yaitu serat dari buah dan sayuran, termasuk dari pepaya. Murah, sehat dan tanpa efek samping...

:10 :11 :12 :13 :15
:17 :21 :23 :24
:25 :26 :27 :29
:30 :31 :32 :33
:35 :38 :39 :40
:41 :42 :43 :44 :45

Posting Komentar

untuk masukan/ikut berbagi dari anda. boleh
tambahkan emoticon dengan mengetik angka/kode sebelahnya.

Adsense Indonesia