Kamis, 03 September 2009

Tips Menjaga Keseimbangan Otak




Mengaktifkan otak kiri dan kanan bersamaan

Setiap belahan otak mempunyai spesialisasi untuk menjalankan tugas spesifik, otak belahan kiri mempunyai fungsi yang berbeda dengan otak belahan kanan, kalau belahan kiri tugasnya lebih pada pusat kemampuan baca-hitung-tulis yang logis analitis. Belahan kanan pada pusat pemantauan dan perlindungan diri terhadap lingkungan, sosialisasi, kretivitas, spiritual, musik, kesenian, peribahasa, dan emosi. Jadi, kedua belahan saling berkonsultasi dan bekerja sama.

Aktivitas dua belahan otak itu di koordinasikan secara fisiologis melalui korpus kalosum atau "jembatan Emas". Melalui serabut saraf" jembatan emas" inilah stimulus dari kedua belahan berlalu-lalang sehingga memungkinkan orang menggunakan belahan secara bergantian serta komplementer, menurut situasi dan kondisi tertentu. Mekanisme ini memungkinkan penggunaan otak secara keseluruhan.

Penurunan fungsi belahan kanan akan lebih cepat dari pada yang kiri. Tidak heran bila para lansia terjadi penurunan berupa kemunduran daya ingat visual ( misalnya mudah lupa wajah orang), sulit berkonsentrasi, cepat beralih perhatian, juga terjadi kelambanan pada tugas motorik sederhana, seperti berlari, mengetuk jari, kelambanan dalam persepsi sensoris serta dalam reaksi tugas kompleks. Tentu sifatnya sangat individual, tidak sama tingkatnya satu orang dengan orang lain.

Manusia normalnya selalu menggunakan tangan kanan melakukan hampir semua kegiatan sehari-hari dan jarang sekali melakukan tangan kiri sehingga tak terlatih terutama orang yang sudah dewasa dan ini memang dalam etika kita lebih baik menggunakan tangan kanan, itu berati ia selalu melatih otak kirinya. Sering kira dapati dan ketahui bahwa daya khayal anak-anak di bawah umur 10 tahun sangat tinggi , ada satu pemicu nya adalah frekuensi penggunaan tangan kiri yang mereka gunakan selisihnya 30%. Ini berarti tangan kiri digunakan nya dengan frekuensi sering 70%.

Pikiran yang tajam dan kuat membuat kita berkemungkinan tetap sehat, punya hubungan yang baik, makan secara baik dan menjalani hubungan yang sehat, Melakukan aerobik mental dapat meningkatkan ingatan dan menurunkan resiko penyakit alzheimer. Lakukan pendekatan lain untuk memperluas wawasan mental misalnya dengan berpergian ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi, belajar memainkan alat musik atau sekolah lagi.

Belajar atau gunakan teknik dasar, yang terdiri dari:
Melihat-fokuskan perhatian pada hal-hal yang ingin di ingat(amati)
Memotret-bayangan foto mental dari informasi
Menghubungkan-hubungan foto-foto informasi mental
Aktifkan pikiran dengan membaca, puzzles, hobi-hobi lain yang menstimulir. Pastikan untuk melatih otak dan bukan melelahkan. Cari tingkat tantangan yang membuat anda tetap semangat tanpa frustrasi atau kecapaian.

Cara melatih Otak Kanan Dengan Tangan Kiri

Semua gerakan yang di lakukan oleh tubuh adalah hasil komando dari otak. Apa jadinya bila otak sudah kehilangan atau minimal berkurang fungsinya sebagai central command?, tentu saja gerakan yang dibuat akan tidak terkontrol atau bahkan tidak dapat melakukan gerakan lagi.
Cara agar otak tidak sempat kehilangan atau bahkan mengalami kekurangan dalam fungsi central command tadi karena orang sering melakukan kegiatan dengan tangan kanan, sekarang kamu gunakan yang kira-kira akan kamu ganti dengan tangan kiri tanpa melanggar etika, seperti membawa barang belanjaan, membuka botol, menyapu, mencuci, mengepel dan lain-lain untuk melatih otak kanan kamu.

Ada yang bisa di lakukan untuk melatih ketangkasan tangan kiri sekaligus mempertajam otak kanan.

Angkat tangan kiri setinggi dada dan lakukan gerakan berayun membentuk angka delapan tertidur. Gerakan ini bisa dilakukan bergantian dengan tangan kanan agar otot-otot yang terbentuk pada lengan juga seimbang.

Gerakan menyilang dimana saat tangan kanan memukul ke kiri, kaki kiri menendang ke arah kanan, begitu pula sebaliknya lakukan dengan konsentrasi.

Lebih bervariasi lagi suatu gerakan akan lebih bagus lagi bagi fungsi otak, lakukan semua gerakan yang menyilang seperti kedua gerakan di atas.

Untuk kegiatan sehari-hari, coba gerakan tangan kiri dengan;
Menyapu, mengepel, mengangkat gayung/timba.
Memasukkan bola pada keranjang, usahakan bola terarah pada tujuan.
Bila memiliki kesabaran tinggi coba melatih menulis menggunakan kanan kiri juga, memang susah tapi tidak apa di coba, jadi anda bisa menulis dengan menggunakan tangan kiri dan kanan untuk melatih keseimbangan.

Demikianlah tips yang bisa anda lakukan untuk melatih ketangkasan tangan kiri anda, dan belajarlah selalu mengamati, atau mengasah indra anda.

Dikutip dari buku Tune Up gaya hidup penghambat Alzheimer (pangkalan ide).

Artikel yang terkait



1 komentar:

Arung mengatakan...

Thanks udah posting, jadi tahu fungsi otak heheh

:10 :11 :12 :13 :15
:17 :21 :23 :24
:25 :26 :27 :29
:30 :31 :32 :33
:35 :38 :39 :40
:41 :42 :43 :44 :45

Posting Komentar

untuk masukan/ikut berbagi dari anda. boleh
tambahkan emoticon dengan mengetik angka/kode sebelahnya.

Adsense Indonesia